PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KAJIAN TEMA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA BUKU TEKS IPA KELAS VIII KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI PERSPEKTIF BERPIKIR KRITIS

MIFTAKHUDIN - Nama Orang;

Education for sustainable development (ESD) mengintegrasikan pemahaman lingkungan yang berorientasi masa depan ke dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pembangunan berkelanjutan. ESD tidak hanya mendorong nilai-nilai dan sikap positif terhadap keberlanjutan, tetapi juga membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Namun, kajian yang mengungkap keterkaitan antara tema-tema ESD dan keterampilan berpikir kritis dalam buku teks IPA kelas VIII Kurikulum Merdeka masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tema-tema ESD yang termuat dalam buku teks IPA SMP/MTs kelas VIII Kurikulum Merdeka, serta menganalisis integrasi keterampilan berpikir kritis dalam tema-tema tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten komparatif. Data diperoleh melalui telaah dokumen dan diuji keabsahannya dengan uji reliabilitas antar penilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema ESD yang paling dominan dalam buku teks terbitan Kemendikbud RI dan Erlangga adalah promosi kesehatan dan keanekaragaman hayati. Kedua buku tersebut telah mengintegrasikan aspek berpikir kritis, dengan dominasi pada level berpikir kritis tingkat pertama. Adapun berpikir kritis tingkat kedua dan ketiga hanya muncul secara terbatas. Pola berpikir kritis yang paling sering muncul dalam kedua buku adalah pola kesimpulan penjelasan.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA MIF K 2025
45-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MIF K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIII;118HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?