Text
SKRIPSI KAJIAN TEMA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA BUKU TEKS IPA KELAS VIII KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI PERSPEKTIF BERPIKIR KRITIS
Education for sustainable development (ESD) mengintegrasikan pemahaman lingkungan yang berorientasi masa depan ke dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pembangunan berkelanjutan. ESD tidak hanya mendorong nilai-nilai dan sikap positif terhadap keberlanjutan, tetapi juga membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Namun, kajian yang mengungkap keterkaitan antara tema-tema ESD dan keterampilan berpikir kritis dalam buku teks IPA kelas VIII Kurikulum Merdeka masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tema-tema ESD yang termuat dalam buku teks IPA SMP/MTs kelas VIII Kurikulum Merdeka, serta menganalisis integrasi keterampilan berpikir kritis dalam tema-tema tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten komparatif. Data diperoleh melalui telaah dokumen dan diuji keabsahannya dengan uji reliabilitas antar penilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema ESD yang paling dominan dalam buku teks terbitan Kemendikbud RI dan Erlangga adalah promosi kesehatan dan keanekaragaman hayati. Kedua buku tersebut telah mengintegrasikan aspek berpikir kritis, dengan dominasi pada level berpikir kritis tingkat pertama. Adapun berpikir kritis tingkat kedua dan ketiga hanya muncul secara terbatas. Pola berpikir kritis yang paling sering muncul dalam kedua buku adalah pola kesimpulan penjelasan.
Tidak tersedia versi lain