PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH VIRTUAL REALITY (VR) RELIEF JATAKA CANDI BOROBUDUR SEBAGAI MATERI PENDUKUNG KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA FASE E SMA MUHAMMADIYAH SALAMAN

AINNATUL KHOIROH - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis virtual reality pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati, khususnya pada sub materi vertebrata, menganalisis hasil belajar kognitif siswa
pada materi keanekaragaman hayati sub materi vertebrata, serta menganalisis efektivitas peningkatan hasil belajar siswa terhadap fauna relief Jataka Candi Borobudur dengan menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality. Penelitian dimulai dengan mengkaji relief yang terdapat di Candi Borobudur, dilanjutkan dengan penelitian dan pengembangan (R&D), dan dilakukan denganmetode quasi eksperimen. Satu kelas menggunakan media VR, sedangkan satu
kelas lainnya menjadi kelompok kontrol. Kedua kelas diberi pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen penelitian meliputi wawancara, angket, validasi ahli, dan tes pilihan ganda. Data kemudian dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 73,54 dan 82,44, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata pre-test dan
post-test sebesar 70,00 dan 76,46. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media ini memperoleh skor
kelayakan sebesar 74% dari ahli materi (kategori layak) dan 85% dari ahli media (kategori sangat layak). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis VR pada materi keanekaragaman hayati sub materi
vertebrata dinyatakan sangat layak untuk digunakan.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi BIOLOGI KHO P 2025
36-UN57.U1-SPB-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI KHO P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;134 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?