Text
SKRIPSI PENGARUH VIRTUAL REALITY (VR) RELIEF JATAKA CANDI BOROBUDUR SEBAGAI MATERI PENDUKUNG KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA FASE E SMA MUHAMMADIYAH SALAMAN
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis virtual reality pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati, khususnya pada sub materi vertebrata, menganalisis hasil belajar kognitif siswa
pada materi keanekaragaman hayati sub materi vertebrata, serta menganalisis efektivitas peningkatan hasil belajar siswa terhadap fauna relief Jataka Candi Borobudur dengan menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality. Penelitian dimulai dengan mengkaji relief yang terdapat di Candi Borobudur, dilanjutkan dengan penelitian dan pengembangan (R&D), dan dilakukan denganmetode quasi eksperimen. Satu kelas menggunakan media VR, sedangkan satu
kelas lainnya menjadi kelompok kontrol. Kedua kelas diberi pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen penelitian meliputi wawancara, angket, validasi ahli, dan tes pilihan ganda. Data kemudian dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 73,54 dan 82,44, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata pre-test dan
post-test sebesar 70,00 dan 76,46. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media ini memperoleh skor
kelayakan sebesar 74% dari ahli materi (kategori layak) dan 85% dari ahli media (kategori sangat layak). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis VR pada materi keanekaragaman hayati sub materi
vertebrata dinyatakan sangat layak untuk digunakan.
Tidak tersedia versi lain