Text
SKRIPSI E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME): STRATEGI EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA
              Matematika merupakan ilmu nyata yang mendasari segala bidang ilmu 
pengetahuan. Di abad 21 ini kemampuan numerasi diperlukan siswa karena 
kemampuan numerasi penting dan linear dalam berbagai bidang keilmuan. 
Kemampuan numerasi di Indonesia juga mengalami penurunan skor matematika 
berdasarkan hasil PISA tahun 2018 dan tahun 2022. Fakta lapangan juga diketahui 
bahwasanya kemampuan numerasi SMP N 2 Tempuran masih pada kategori rendah 
didasarkan oleh tes awal. Kemampuan numerasi siswa dapat meningkat baik jika 
guru memberikan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran, salah satu 
pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan RME. Adopsi teknologi dalam 
mendukung pembelajaran diperlukan dengan adanya inovasi media pembelajaran 
dengan pemanfaatan teknologi.  
Tahapan pengembangan akan divalidasi oleh ahli media dan ahli  materi 
untuk menilai kelayakan media yang dikembangkan. Dari pemasalahan tersebut 
penelitian ini bertujuan menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari 
media e-modul berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. 
Pengembangan e-modul berbasis RME yang dikembangkan berprinsip dan sesuai 
karakteristik dari pendekatan RME. E-modul berbasis RME dilengkapi dengan 
kegiatan ekplorasi Geogebra sebagai alat demonstrasi dan video pembelajaran pada 
setiap topik materi yang disajikan. 
Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan 
model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and 
Evaluation). Pengembangan e-modul menggunakan materi persamaan garis lurus 
yang merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa berdasarkan 
pernyataan guru. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa 
kelas VIII dengan sampel siswa kelas VIII A SMP N 2 Tempuran yang berjumlah 
31 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik purposive 
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, 
angket, dan pemberian tes.  
Hasil penelitian menunjukkan e-modul berbasis RME yang dikembangkan 
validitas materi dari validator memperoleh hasil sebesar 83,80% dengan kategori 
sangat valid dan validitas media sebesar 87,77% dengan kategori sangat valid. E
modul berbasis RME dinyatakan praktis dengan perolehan sebesar 78,35% 
berdasarkan respon dari siswa dan guru. Selain itu, e-modul berbasis RME 
dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi dengan dibuktikan 
hasil nilai setelah diberikan media e-modul berbasis RME lebih baik dari nilai 
sebelum diberikan e-modul berbasis RME.            
Tidak tersedia versi lain