Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPER TOWER BERBASIS STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Keterampilan abad ke-21 menuntut kreativitas, yang berakar pada kemampuan berpikir kreatif. Penelitian menunjukkan kemampuan ini masih rendah
di Indonesia, termasuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang, terutama dalam geometri. Pembelajaran yang masih bersifat pasif serta minimnya penggunaan
media inovatif menjadi tantangan dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Pendekatan STEM, melalui aktivitas langsung seperti paper tower,
berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan dari pengembangan media pembelajaran paper tower berbasis STEM terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D yaitu define, design,
development, dan dessiminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Magelang dengan sampel berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket, wawancara, tes, observasi dan analisis data. Hasil penelitian media pembelajaran paper tower berbasis STEM dinyatakan valid oleh ahli materi dengan skor 81,67% (kriteria valid) dan oleh ahli media dengan skor 80,00% (kriteria valid). Aspek kepraktisan media ini juga tergolong sangat praktis dengan nilai rata-rata 86,14%. Selanjutnya, efektivitas
media pembelajaran paper tower berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,409, yang termasuk dalam kategori sedang.
Dengan demikian, kesimpulan yang didapatkan adalah media pembelajaran paper tower berbasis STEM terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Tidak tersedia versi lain