PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPER TOWER BERBASIS STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

MU’AMAR ALGHOVICKY - Nama Orang;

Keterampilan abad ke-21 menuntut kreativitas, yang berakar pada kemampuan berpikir kreatif. Penelitian menunjukkan kemampuan ini masih rendah
di Indonesia, termasuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Magelang, terutama dalam geometri. Pembelajaran yang masih bersifat pasif serta minimnya penggunaan
media inovatif menjadi tantangan dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Pendekatan STEM, melalui aktivitas langsung seperti paper tower,
berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan dari pengembangan media pembelajaran paper tower berbasis STEM terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D yaitu define, design,
development, dan dessiminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Magelang dengan sampel berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket, wawancara, tes, observasi dan analisis data. Hasil penelitian media pembelajaran paper tower berbasis STEM dinyatakan valid oleh ahli materi dengan skor 81,67% (kriteria valid) dan oleh ahli media dengan skor 80,00% (kriteria valid). Aspek kepraktisan media ini juga tergolong sangat praktis dengan nilai rata-rata 86,14%. Selanjutnya, efektivitas
media pembelajaran paper tower berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,409, yang termasuk dalam kategori sedang.
Dengan demikian, kesimpulan yang didapatkan adalah media pembelajaran paper tower berbasis STEM terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi MATEMATIKA ALG P 2025
35-UN57.U1-SPM-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ALG P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;186 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?