Text
SKRIPSI KOHESI DAN KOHERENSI PADA IKLAN GOJEK TAHUN 2024 DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS IKLAN SMP KELAS VIII
Iklan Gojek tahun 2024 yang diunggah media sosial TikTok menghadirkan isu-isu aktual dengan penggunaan bahasa yang persuasif, kohesif, dan koheren. Sementara itu, hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII mengalami kesulitan dalam menyusun teks iklan yang utuh dan meyakinkan, sehingga diperlukan pengembangan materi ajar berbasis analisis wacana iklan Gojek tahun 2024. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kohesi dan koherensi antarkalimat pada iklan Gojek tahun 2024. Selanjutnya, data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat. Adapun metode dan teknik analisis datanya menggunakan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung yang dilanjutkan dengan menggunakan teknik ganti, teknik sisip, dan teknik baca markah. Dengan demikian, diperoleh hasil penelitian berupa (1) 6 jenis kohesi leksikal yaitu repetisi, sinonim, antonim, hiponim, meronimi, dan kolokasi, (2) 4 jenis kohesi gramatikal yaitu referensi, elipsis, substitusi, dan konjungsi, serta (3) 14 jenis koherensi yang terdapat pada iklan Gojek tahun 2024. Kemudian, hasil analisis data tersebut menunjukkan beberapa pendekatan untuk menulis teks iklan yang padu. Oleh karena itu, pendekatan tersebut juga mencerminkan bahwa wacana yang terdapat pada iklan Gojek tahun 2024 memiliki bahasa yang padu dan persuasif sehingga informasi yang disajikan dapat membuat pembaca paham, terpengaruh, dan yakin terhadap gagasan yang disampaikan oleh penulis.
Tidak tersedia versi lain