PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS BUDAYA LOKAL MAGELANG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA FASE F1 SMA NEGERI 1 SALAMAN

SANTIKA RAHAYU NINGSIH - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih digunakannya model pembelajaran
konvensional yang belum mampu secara optimal mengembangkan keterampilan
menulis siswa. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang lebih
kontekstual, menarik, dan bermakna agar dapat meningkatkan kualitas kemampuan
menulis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) membuktikan dan
mendeskripsikan perbedaan hasil keterampilan menulis teks berita antara peserta
didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning
(PjBL) berbasis budaya lokal Magelang dan peserta didik pada kelas kontrol yang
tidak menggunakan model tersebut, serta (2) membuktikan dan mendeskripsikan
efektivitas model PjBL tersebut dalam meningkatkan kemampuan menulis teks
berita. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest
dan posttest. Populasi penelitian terdiri dari 354 siswa dari Fase F1 di SMA Negeri
1 Salaman, dengan sekitar 70 siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Di antara teknik analisis data yang digunakan adalah
uji normalitas dan homogenitas, uji-t dua sampel bebas, dan analisis N-Gain. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara teks
berita peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan taraf signifikansi p
= 0,043 < 0,05. Peningkatan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 7,286 lebih
tinggi dibandingkan dengan peningkatan skor kelas kontrol yang hanya sebesar
2,786. Selain itu, N-Gain kelas eksperimen berada pada kategori sedang (0,3068),
sedangkan N-Gain kelas kontrol yang termasuk dalam kategori rendah (0,1180).
Berdasarkan uraian hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan
model Project Based Learning (PjBL) berbasis budaya lokal Magelang efektif
dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa pada materi teks berita.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA NIN E 2025
36-UN57.U1-SIN-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA NIN E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;351 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?