Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL “MATRIK-APP†BERBASIS WEB BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII
Modernisasi yang dipercepat oleh perkembangan teknologi menuntut siswa
untuk memiliki keterampilan abad ke-21, termasuk kemampuan pemecahan
masalah matematis. Matematika memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk
kapasitas kognitif seseorang untuk berpikir secara kritis, kreatif, dan mampu
memecahkan masalah secara matematis. Namun pada kenyataannya, sejumlah
besar siswa kerap menghadapi tantangan dalam menguasai materi matematika,
utamanya disebabkan oleh karakteristiknya yang bersifat abstrak. Berdasarkan hasil
asesmen awal yang dilakukan di SMP Negeri 4 Magelang, teridentifikasi bahwa
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII masih berada pada
kategori rendah, ditunjukkan oleh rata-rata nilai pencapaian indikator yang belum
memenuhi kriteria optimal. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kondisi
tersebut adalah keterbatasan variasi media pembelajaran yang diimplementasikan
oleh guru serta belum maksimalnya pemanfaatan teknologi dalam proses belajar.
Padahal hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tertarik belajar
matematika melalui media berbasis smartphone. Sejalan dengan upaya untuk
mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sebuah media
pembelajaran kontekstual “MATRIK-App†berbasis web, yang dirancang dengan
dukungan Articulate Storyline telah dikembangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan Media Pembelajaran Kontekstual “MATRIK-App†Berbasis Web
Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa Kelas VII.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan
model ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan
evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Magelang
dengan sampel sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menerapkan teknik
cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi,
pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, angket validasi, angket
kepraktisan, serta soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun
Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi, angket, dan tes.
Tidak tersedia versi lain