Text
SKRIPSI ANALISIS KORELASI SELF – REGULATION DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI BERDASARKAN GENDER PESERTA DIDIK BOARDING SCHOOL DI SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID
Pendidikan merupakan proses pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan dan pengembangan kemampuan serta karakter individu salah satunya di boarding school. Proses pembelajaran terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah self – regulation dan gender. Self – regulation merupakan salah satu kemampuan peserta didik dalam mengontrol dirinya untuk mencapai tujuan belajar. Hasil belajar kognitif biologi peserta didik SMAIT Ihsanul Fikri memiliki perbedaan, peserta didik perempuan lebih tinggi dibandingkan peserta didik lakilaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self – regulation dengan hasil belajar kognitif biologi peserta didik boarding school di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid serta mengetahui korelasi antara self – regulation dengan hasil belajar kognitif biologi berdasarkan gender peserta didik boarding school di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif tipe korelasional dengan instrumen penelitian berupa kuesioner self – regulation berdasarkan indikator Zimermman (1989). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 120 peserta didik yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Pearson Product Moment.Hasil penelitian menunjukkan taraf signifikansi 0,00
Tidak tersedia versi lain