Text
SKRIPSI PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Firmansyah, Teddy. 2024.
“Pengaruh Metode Diskusi Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswaâ€.
Skripsi.
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar.
Pembimbing 1 Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Yesi Franita, M.Sc.
Kata Kunci: Metode Diskusi, Pembelajaran, Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah matematika merupakan upaya siswa dalam menyelesaikan masalah, khususnya pada pelajaran matematika yang memfokuskan, penggunaan metode, strategi, dan prosedur yang dapat dibuktikan secara sistematis. Pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis belum sebanding dengan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa. Hal tersebut dialami siswa kelas X tahun ajaran 2023/2024 SMA Negeri 2 Magelang yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah. Hal tersebut diperkuat dengan hasil tes kemampuan awal yang masih tergolong rendah dengan rata-rata 57,61 dengan jumlah 72 siswa. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan kurangnya inovasi metode pembelajaran. Dalam upaya menyikapi masalah pemecahan masalah matematis siswa, metode pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yaitu dengan menerapkan pembelajaran dengan metode diskusi berbantuan wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi berbantuan wordwall. Selain itu, penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi berbantuan wordwall dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa kuasi-eksperimen dengan menggunaan desain the non-equivalent post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 72 siswa, 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi dan uji Independent Sample T-Test. …
Tidak tersedia versi lain