Text
SKRIPSI PENGARUH KEPEMIMPINAN MOTIVASI DAN KOORDINASI KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAGELANG (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEGAWAI SUB DINAS TENAGA KEPENDIDIKAN DENGAN PEGAWAI SUB DINAS PRA SEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR)
              Dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pembangunan maka pemerintah perlu meningkatkan kualitas dari masyarakatnya. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan laju pembangunan yang memberikan dampak pada bidang pendidikan yang mana sangat penting bagi peningkatan teknologi dan ilmu pengetahuan. Sehingga semakin kompleks pula kebutuhan masyarakat akan hal-hal yang diperlukan dalam pembangunan.
Untuk itu adanya peningkatan sistem kerja secara proporsional yang diwujudkan dengan peningkatan pendidikan bagi sumber daya manusia yang merata baik di pusat maupun daerah, sehingga pemerataan pendidikan dapat terpenuhi dan pembangunan dapat berjalan dengan lancar.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan apa yang menjadi sasaran serta harapan yang akan didapat dengan dilaksanakannya penelitian di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang tersebut.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratori sedangkan alat pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi dan quesioner. Populasi sampling meliputi semua pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. Sumber data adalah sumber data sekunder, untuk menganalisa dan pengujian hipotesa digunakan rumus statistik product moment, korelasi partial, korelasi majemuk atau ganda, korelasi determinasi F-test, serta pola simple Randomized Design dan T-test.
1. Pengaruh variable kepemimpinan, dengan variabel efektifitas kerja pegawai sub dinas tenaga kependidikan diperoleh hasil 0,755 dan pegawai sub dinas pra sekolah dan sekolah dasar diperoleh hasil 0,657. Hasil perhitungan ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan, dengan demikian kedua variabel yang diuji pada kedua sub dinas tersebut mempunyai arah yang positif.
2. Pengaruh variabel motivasi dengan variabel efektifitas kerja pegawai pegawai sub dinas tenaga kependidikan diperoleh hasil 1,378 dan pegawai sub dinas pra sekolah dan sekolah dasar diperoleh hasil 0,736. Hasil perhitungan ini setelah di test menunjukan adanya pengaruh yang signifikansi, dengan demikian kedua variabel yang diuji pada kedua sub dinas tersebut mempunyai arah yang positif.
3. Pengaruh variabel koordinasi dengan variabel effektifitas kerja pegawai sub dinas tenaga kependidikan diperoleh hasil 0,809 dan pegawai Sub dinas pra sekolah dan sekolah dasar diperoleh hasil 0,750. Hasil perhitungan ini setelah di test menunjukan adanya signifikansi, dengan demikian kedua variabel yang diuji pada kedua sub dinas tersebut mempunyai arah yang positif.
4. Pengaruh kepemimpinan dengan efektifitas kerja dikontrol variabel koordinasi kerja, setelah diuji pada sub dinas tenaga kependidikan memperoleh hasil 4,406 dan pada sub dinas pra sekolah dan sekolah dasar memperoleh hasil 6,241. Hal ini telah diuji pada signifikansi dan menunjukan pengaruh yang sangat signifikan.
            
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain