Text
SKRIPSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PEMUNGUTAN PPH DAN PPN DN (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK MAGELANG)
              Judul: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pemungutan PPH dan PPN DN (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Magelang). Nama: Hermin Eva Nirmala. NIM: 002.04.2254. Universitas Tidar Magelang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Magelang, 2003
Mengingat pajak merupakan sumber pendapatan negara yang terbesar yaitu 61,2 % dari total rencana penerimaan APBN yang berjumlah Rp. 301.874 milyar rupiah seperti tertuang dalam APBN 2002, maka efektivitas pemungutan pajak demi terselenggaranya kehidupan yang selaras dan seimbang dalam berbangsa dan bernegara harus terus menerus ditingkatkan pelaksanaannya.
Menyadari pentingnya pendapatan negara untuk membeayai berbagai proyek -proyek pembangunan yang sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di Kantor Pelayanan Pajak Magelang untuk mengetahui efektif / tidaknya proses pelaksanaan pemungutan PPH dan PPN DN di Kantor Pelayanan Pajak Magelang yang wilayah operasionalnya meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.
Untuk mengetahui efektivitas pemungutan PPH dan PPN DN, Penulis meneliti sejauh mana efektivitas individu dan organisasi pengemban dan pelaksana tugas. pemungutan pajak pajak tersebut, sebab pemungutan PPH dan PPN DN tidak akan efektif bila individu dan organisasi pemungut pajak tidak efektif.
Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Maret sampai dengan tanggal 15 April 2003. Dalam penelitian tersebut penulis menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi; sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Kriteria efektivitas yang digunakan oleh penulis antara lain adalah kriteria efektivitas menurut James L. Gibson (organization, 2000:15). Menurut James L. Gibson. efektivitas organisasi akan tercapai bila individu individu dan kelompok kelompok yang ada dalam sebuah organisasi telah efektif.
Adapun individu individu yang efektif, menurut James L. Gibson, adalah individu- individu yang memiliki indikator - indikator sebagai berikut:
1. Ability/Kemampuan
2. Skill/Keahlian
3. Knowledge / Pengetahuan
4. Attitude/Sikap
5. Motivation / Motivasi
6. Stress/Tekanan
Nomor 1 sampai dengan 3 menjadi indikator kapabilitas; nomor 4 sampai dengan menjadi indikator kredibilitas. Kapabilitas dan Kredibilitas individu menjadi indikator dari sumber daya manusia yang berkualitas; dan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi indikator dari sumber daya manusia yang efektif.
            
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain