Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF-REGULATION SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 3 MAGELANG
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran biologi adalah rendahnya hasil belajar kognitif dan kemampuan self-regulation siswa, khususnya pada materi sistem reproduksi manusia. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang diterapkan belum mampu mendorong keterlibatan aktif dan kemandirian siswa dalam mengelola proses belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang berpotensi meningkatkan aspek tersebut adalah model pembelajaran Talking Stick. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan selfregulation siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Magelang. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI MIPA yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif dan angket self-regulation. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS versi
25 menggunakan uji ANCOVA pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Talking Stick berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan self-regulation siswa, dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 (Hâ‚ diterima). Rerata hasil posttest dan skor self-regulation
pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan self-regulation siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Model ini dapat menjadi alternatif
yang fektif untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar dan partisipasi belajar di dalam kelas.
Tidak tersedia versi lain