PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF-REGULATION SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 3 MAGELANG

FITRIA CAHYA NUR HIDAYAH - Nama Orang;

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran biologi adalah rendahnya hasil belajar kognitif dan kemampuan self-regulation siswa, khususnya pada materi sistem reproduksi manusia. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang diterapkan belum mampu mendorong keterlibatan aktif dan kemandirian siswa dalam mengelola proses belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang berpotensi meningkatkan aspek tersebut adalah model pembelajaran Talking Stick. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan selfregulation siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Magelang. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI MIPA yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif dan angket self-regulation. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS versi
25 menggunakan uji ANCOVA pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Talking Stick berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan self-regulation siswa, dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 (H₁ diterima). Rerata hasil posttest dan skor self-regulation
pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan self-regulation siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Model ini dapat menjadi alternatif
yang fektif untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar dan partisipasi belajar di dalam kelas.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi BIOLOGI HID P 2025
44-UN57.U1-SPB-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI BHID P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;222 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?