Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGICAL SCIENCE CURRICULUM STUDY (BSCS) 5E BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA PGRI TEMANGGUNG
Perkembangan pada era globalisasi memberikan tantangan bagi sistem pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan
kebutuhan abad ke-21. Sayangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik belum berkembang secara optimal pada peserta didik SMA PGRI Temanggung. Kurang optimalnya keterampilan berpikirkritis ini diakibatkan penggunaan model pembelajaran konvensional yang juga berdampak pada hasil belajar kognitif peserta didik yang kurang baik. Salah satu model pembelajaran yang memiliki potensi
untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif dan berpikir kritis yaitu BSCS 5E berbasis multiple representation. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh model pembelajaran BSCS 5E berbasis multiple representation terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif
peserta didik. Metode pada penelitian ini adalah Quasy eksperimen dengan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI Temanggung dengan subjek penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-1 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain lembar soal tes, lembar validasi soal tes, dan lembar keterlaksanaan sintaks. Data yang diperoleh pada penelitian ini dari hasil prestest dan posttest materi ekosistem. Teknik analisis data menggunakan teknik uji instrumen, teknik analisis deskriptif, dan uji hipotesis Ancova. Berdasarkan hasil
uji hipotesis diperoleh nilai sig keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif masing-masing sebesar 0,00 artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dari data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Biological Science Curriculum Study
(BSCS) 5E berbasis multiple representation eFektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ekosistem.
Tidak tersedia versi lain