Text
SKRIPSI ANALISIS KORELASI SELF-EFFICACY DAN SELF-ESTEEM DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA PESERTA DIDIK FASE F SMAN 5 MAGELANG
Pencapaian hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh beragam faktor
internal, berupa aspek psikologis yaitu self-efficacy dan self-esteem. Self-efficacy
menggambarkan sejauh mana individu yakin terhadap kemampuannya dalam
menyelesaikan tugas yang dihadapi, sedangkan self-esteem mengacu pada
penghargaan individu terhadap dirinya sendiri. Dalam konteks pembelajaran
biologi, terutama pada materi sistem pencernaan makanan yang memerlukan
pemahaman konseptual dan berpikir kritis, kedua faktor psikologis tersebut
diyakini memiliki peran penting dalam keberhasilan belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-efficacy dan self
esteem dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi. Fokus kajian
mencakup analisis hubungan masing-masing variabel secara terpisah terhadap hasil
belajar, serta analisis hubungan keduanya secara bersamaan. Metode yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 105 peserta didik kelas XI (fase F) di SMAN 5 Magelang,
yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa
tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif dan skala psikologis untuk
mengukur self-efficacy dan self-esteem. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk analisis hubungan parsial
dan korelasi ganda untuk analisis hubungan simultan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa self-efficacy dan self-esteem berhubungan positif dan
signifikan dengan hasil belajar kognitif peserta didik. Nilai korelasi antara self
efficacy dan hasil belajar adalah 0,836, sementara nilai korelasi antara self-esteem
dan hasil belajar sebesar 0,888. Selain itu, analisis korelasi ganda menghasilkan
nilai 0,906 dengan koefisien determinasi 82,2%, yang menunjukkan kontribusi
besar dari kedua variabel bebas terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian,
disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran biologi
materi sistem pencernaan makanan didukung secara signifikan oleh tingkat self
efficacy dan self-esteem . Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama dari pendidik,
peserta didik, dan pihak sekolah dalam mewujudkan lingkungan belajar yang dapat
menguatkan keyakinan diri dan penghargaan diri.
Tidak tersedia versi lain