Text
SKRIPSI PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN SPESIALISASI KERJA DENGAN EFFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG
Pada saat ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan pembangunan disegala bidang kehidupan baik mental maupun spiritual. Pembangunan pada hakekatnya adalah sebuah proses perubahan yang direncanakan menuju keadaan yang optimal yang dicita-citakan masyarakat. Yang dihadapi Indonesia dewasa ini adalah bagaimana memanfaatkan potensi pendukung pembangunan yang sedang berjalan. Pendukung pembangunan itu meliputi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Masalah ketenagakerjaan sekarang ini masih cukup berat karena mempunyai kaitan dengan penduduk, pendayagunaan tenaga, kualitas dan pertumbuhan ekonomi. Berdasar alasan tersebut diatas, maka upaya bertindak secara rasional, ekonomis, effektif dan effisiensi merupakan pertimbangan yang menjadi dasar pemikiran yang harus mendapat prioritas utama. Effektivitas merupakan konsep dasar kerja yang tidak terikat oleh waktu, keadaan, tempat maupun subyek. Artinya effektivitas merupakan suatu perbandingan terbaik antara usaha dan hasil dimanapun pekerjaan itu dilakukan. Effektivitas kerja berarti penyelesaian pekerjaan tepat pada waktu yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan.
Dalam usaha mencapai Effektivitas kerja maka diperlukan adanya kepemimpinan. Kepemimpinan sangat diperlukan dalam kelancaran pekerjaan. Proses dan pola kepemimpinan merupakan sarana yang sangat diperlukan untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan pegawai yang dapat menimbulkan rasa kesetiakawanan dan loyalitas antara pimpinan dan bawahan pegawai kantor. Manusia dalam kehidupan ini mempunyai bennacam-macam kebutuhan, baik berupa kebuhihan phisik dan kebutuhan non phisik. Dipandang dari segi manajemen, maka pemenuhan kebutuhan hidup tersebut berhubungan dengan pekerjaan serta lingkungannya. Lingkungan kerja pegawai juga ikut berperan terhadap tercapainya effektivitas kerja pegawai. Lingkungan kerja yang dimaksudkan disini adalah lingkungan kerja yang meliputi suasana, fasilitas yang memadai dan letak kantor yang nyaman. Dengan lingkungan kerja yang baik maka pegawai akan bekerja dengan semangat dan hal tersebut sangat mempengaruhi hasil kerja dari para pegawai tersebut.
Selain lingkungan kerja yang kondusif, dalam suatu organisasi baik organisasi pemerintah ataupun swasta dalam melaksanakan pekerjaan, dibutuhkan adanya spesialisasi kerja. Spesialisasi kerja adalah setiap pegawai atau pekerja hanya membatasi pekerjaan mereka pada 1 bidang. Dalam menentukan spesialisasi kerja perlu diperhatikan 2 dimensi pekerjaan yaitu kedalaman dan lingkupnya. Kedalam pekerjaan yang menyangkut seberapa jauh seseorang dapat mengawasi pekerjaannya sendiri. Dengan adanya spesialisasi kerja, pegawai dapat berkonsentrasi terhadap pekerjaannya masing-masing sehingga hasilnya dapat semaksimal mungkin. Dari uraian diatas jelaslah bahwa spesialisasi kerja akan menunjang peningkatan effektivitas kerja pegawai Dengan melihat adanya keterkaitan yang erat antara perencanaan dan koordinasi terhadap effektivitas kerja, maka penulis tertarik mengambil judul:
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain