PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

ZAZAM AROMI - Nama Orang;

Pendidikan modern menuntut pengembangan keterampilan abad ke-21,
termasuk kolaborasi. Namun, observasi lapangan menunjukkan bahwa
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa masih di bawah standar
ketuntasan minimal. Berbagai penelitian menyarankan model pembelajaran Group
Investigation (GI) untuk mengatasi permasalahan ini, meskipun model tersebut
memiliki kelemahan yaitu potensi munculnya free rider. Untuk memitigasi
kelemahan tersebut, penelitian ini mengintegrasikan media Question Card dalam
model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
keefektifan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Question Card
dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa pada
pembelajaran IPA. Pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental tipe
Nonequivalent Control Group Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang, dengan
sampel kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen.
Instrumen penelitian meliputi tes untuk mengukur hasil belajar kognitif dan nontes
(kuesioner penilaian antar teman dan lembar observasi) untuk mengukur
keterampilan kolaborasi setiap siswa dalam kelompok. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan kolaborasi
antara kedua kelas (uji-t


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA ARO K 2025
57-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ARO K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;313 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?