Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
Pendidikan modern menuntut pengembangan keterampilan abad ke-21,
termasuk kolaborasi. Namun, observasi lapangan menunjukkan bahwa
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa masih di bawah standar
ketuntasan minimal. Berbagai penelitian menyarankan model pembelajaran Group
Investigation (GI) untuk mengatasi permasalahan ini, meskipun model tersebut
memiliki kelemahan yaitu potensi munculnya free rider. Untuk memitigasi
kelemahan tersebut, penelitian ini mengintegrasikan media Question Card dalam
model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
keefektifan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Question Card
dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa pada
pembelajaran IPA. Pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental tipe
Nonequivalent Control Group Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang, dengan
sampel kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen.
Instrumen penelitian meliputi tes untuk mengukur hasil belajar kognitif dan nontes
(kuesioner penilaian antar teman dan lembar observasi) untuk mengukur
keterampilan kolaborasi setiap siswa dalam kelompok. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan kolaborasi
antara kedua kelas (uji-t
Tidak tersedia versi lain