PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA

DWY SINTAWATI - Nama Orang;

Kemampuan pengambilan keputusan adalah keterampilan penting dalam
pendidikan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kehidupan,
terutama isu sosial-saintifik (SSI) yang kompleks. Di era modern dengan dinamika
sosial, lingkungan, dan teknologi, membuat keputusan berbasis ilmiah dan etis
sangat krusial. Namun, banyak siswa kesulitan mengembangkan keterampilan ini
karena model pembelajaran yang kurang mendorong berpikir kritis dan integrasi
pengetahuan dengan konteks nyata. Penelitian ini bertujuan menganalisis
efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SSI dalam
meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa, menggunakan metode
kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe non-equivalent control group
design dan teknik purposive sampling untuk memilih sampel dari siswa SMP. Data
dianalisis menggunakan uji T menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,01 sehingga
terdapat perbedaan kemampuan akhir antara kelas yang menerapkan inkuiri
terbimbing berbasis SSI dan kelas yang menerapkan direct instruction. Peningkatan
signifikan pada kelas eksperimen terlihat dari kenaikan rata-rata nilai pretest ke
posttest, didukung oleh N-Gain sebesar 0,51 (kategori sedang), menandakan
dampak positif model ini. Model inkuiri terbimbing berbasis SSI menungkinkan
siswa terlibat aktif dalam penyelidikan ilmiah dan mempertimbangkan implikasi
sosial-etis dari isu nyata seperti lingkungan atau kesehatan, sehingga meningkatkan
kemampuan mereka membuat keputusan yang bertanggung jawab. Simpulan dari
penelitian ini adalah model inkuiri berbasis SSI efektif dalam meningkatkan
kemampuan pengambilan keputusan siswa. Model ini tidak hanya membantu siswa
memahami konsep sains secara mendalam, tetapi juga melatih mereka untuk
mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks nyata, mempertimbangkan dampak
sosial, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA SIN K 2025
56-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SIN K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;226 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?