Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA
Kemampuan pengambilan keputusan adalah keterampilan penting dalam
pendidikan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kehidupan,
terutama isu sosial-saintifik (SSI) yang kompleks. Di era modern dengan dinamika
sosial, lingkungan, dan teknologi, membuat keputusan berbasis ilmiah dan etis
sangat krusial. Namun, banyak siswa kesulitan mengembangkan keterampilan ini
karena model pembelajaran yang kurang mendorong berpikir kritis dan integrasi
pengetahuan dengan konteks nyata. Penelitian ini bertujuan menganalisis
efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SSI dalam
meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa, menggunakan metode
kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe non-equivalent control group
design dan teknik purposive sampling untuk memilih sampel dari siswa SMP. Data
dianalisis menggunakan uji T menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,01 sehingga
terdapat perbedaan kemampuan akhir antara kelas yang menerapkan inkuiri
terbimbing berbasis SSI dan kelas yang menerapkan direct instruction. Peningkatan
signifikan pada kelas eksperimen terlihat dari kenaikan rata-rata nilai pretest ke
posttest, didukung oleh N-Gain sebesar 0,51 (kategori sedang), menandakan
dampak positif model ini. Model inkuiri terbimbing berbasis SSI menungkinkan
siswa terlibat aktif dalam penyelidikan ilmiah dan mempertimbangkan implikasi
sosial-etis dari isu nyata seperti lingkungan atau kesehatan, sehingga meningkatkan
kemampuan mereka membuat keputusan yang bertanggung jawab. Simpulan dari
penelitian ini adalah model inkuiri berbasis SSI efektif dalam meningkatkan
kemampuan pengambilan keputusan siswa. Model ini tidak hanya membantu siswa
memahami konsep sains secara mendalam, tetapi juga melatih mereka untuk
mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks nyata, mempertimbangkan dampak
sosial, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain