Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERKONTEKS SSI DALAM IMPLEMENTASI MODEL RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
Kemampuan pemecahan masalah memiliki peranan esensial dalam
pembelajaran IPA karena berkaitan dengan proses kognitif dan proses menganalisis
serta menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara strategis sesuai dengan
pengetahuan yang dimiliki. Kemampuan pemecahan masalah dalam sistem
pembelajaran masih tergolong rendah salah satunya dikarenakan penggunaan bahan
ajar yang masih belum sesuai dengan karakteristik materi ajar dan belum berfokus
pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Permasalahan tersebut dapat
diatasi dengan cara mengembangkan inovasi bahan ajar berupa e-modul IPA
berkonteks SSI dalam implementasi model RADEC. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan e-modul IPA
berkonteks SSI dalam implementasi model RADEC. Metode penelitian yang
digunakan adalah Research & Development dengan model ADDIE. Subjek
penelitian untuk mengimplementasikan e-modul yang dikembangkan adalah kelas
VIII A dan VIII B SMP Negeri 2 Mertoyudan yang masing-masing berjumlah 30
orang dengan teknik purposive sampling desain independent sample t-test.
Validitas e-modul dinilai oleh lima validator dengan kategori sangat valid pada lima
aspek yang dinilai yaitu aspek pembelajaran, isi, tampilan, pemanfaatan, dan
kebahasaan. Keefektifan e-modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah memperoleh skor N-gain sebesar 0,601 dengan kategori sedang pada kelas
eksperimen dan 0,287 dengan kategori rendah pada kelas kontrol. Kepraktisan e
modul dinilai dari hasil respon siswa terhadap penggunaan e-modul saat
pembelajaran dan memperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat
praktis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa e-modul IPA berkonteks SSI
dalam implementasi model RADEC yang dikembangkan tergolong pada kategori
layak untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
siswa.
Tidak tersedia versi lain