PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERKONTEKS SSI DALAM IMPLEMENTASI MODEL RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

RISMA NANDA HANDAYANI - Nama Orang;

Kemampuan pemecahan masalah memiliki peranan esensial dalam
pembelajaran IPA karena berkaitan dengan proses kognitif dan proses menganalisis
serta menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara strategis sesuai dengan
pengetahuan yang dimiliki. Kemampuan pemecahan masalah dalam sistem
pembelajaran masih tergolong rendah salah satunya dikarenakan penggunaan bahan
ajar yang masih belum sesuai dengan karakteristik materi ajar dan belum berfokus
pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Permasalahan tersebut dapat
diatasi dengan cara mengembangkan inovasi bahan ajar berupa e-modul IPA
berkonteks SSI dalam implementasi model RADEC. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan e-modul IPA
berkonteks SSI dalam implementasi model RADEC. Metode penelitian yang
digunakan adalah Research & Development dengan model ADDIE. Subjek
penelitian untuk mengimplementasikan e-modul yang dikembangkan adalah kelas
VIII A dan VIII B SMP Negeri 2 Mertoyudan yang masing-masing berjumlah 30
orang dengan teknik purposive sampling desain independent sample t-test.
Validitas e-modul dinilai oleh lima validator dengan kategori sangat valid pada lima
aspek yang dinilai yaitu aspek pembelajaran, isi, tampilan, pemanfaatan, dan
kebahasaan. Keefektifan e-modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah memperoleh skor N-gain sebesar 0,601 dengan kategori sedang pada kelas
eksperimen dan 0,287 dengan kategori rendah pada kelas kontrol. Kepraktisan e
modul dinilai dari hasil respon siswa terhadap penggunaan e-modul saat
pembelajaran dan memperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat
praktis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa e-modul IPA berkonteks SSI
dalam implementasi model RADEC yang dikembangkan tergolong pada kategori
layak untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA HAN P 2025
54-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA HAN P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;245 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?