PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY BASED MULTIPLE REPRESENTATION LEARNING (DMRL) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

ELSA NUR ARIYANI - Nama Orang;

Dunia pendidikan di Indonesia telah melalui perubahan yang besar dalam beberapa
tahun terakhir. Pendidikan di abad 21 telah berfokus dalam meningkatkan
keterampilan siswa. Kemampuan siswa dalam berpikir kritis adalah salah satu
keterampilan penting di abad 21 yang menjadi salah satu tujuan pendidikan yang
harus diraih. Hal ini dikarenakan berpikir kritis memerlukan kemampuan berpikir
dengan tingkat yang tinggi dan memiliki peran terhadap perkembangan moral,
sosial, khususnya dalam kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, hasil
skor PISA dan beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan
siswa dalam berpikir kritis masih tergolong rendah. Hasil tes awal di SMP Negeri
12 Magelang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa juga masih
tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan
model Discovery Based Multiple representation Learning (DMRL) berbantuan
media flash card dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian
ini menerapkan metode penelitian kuantitatif yang berjenis quasi eksperimen
dengan bentuk desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian
dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang dengan teknik pengambilan
sampel berupa purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
sebanyak 6 soal tes uraian. Hasil uji T setelah perlakuan model pembelajaran
sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan dari kedua kelas.
Hasil tersebut didukung dengan uji N-Gain dengan rerata kelas eksperimen 0,68
lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan rerata 0,46. Model Discovery Based
Multiple representation Learning (DMRL) berbantuan media flash card
disimpulkan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA ARI K 2025
53-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ARI K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;227 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?