Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY BASED MULTIPLE REPRESENTATION LEARNING (DMRL) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Dunia pendidikan di Indonesia telah melalui perubahan yang besar dalam beberapa
tahun terakhir. Pendidikan di abad 21 telah berfokus dalam meningkatkan
keterampilan siswa. Kemampuan siswa dalam berpikir kritis adalah salah satu
keterampilan penting di abad 21 yang menjadi salah satu tujuan pendidikan yang
harus diraih. Hal ini dikarenakan berpikir kritis memerlukan kemampuan berpikir
dengan tingkat yang tinggi dan memiliki peran terhadap perkembangan moral,
sosial, khususnya dalam kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, hasil
skor PISA dan beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan
siswa dalam berpikir kritis masih tergolong rendah. Hasil tes awal di SMP Negeri
12 Magelang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa juga masih
tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan
model Discovery Based Multiple representation Learning (DMRL) berbantuan
media flash card dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian
ini menerapkan metode penelitian kuantitatif yang berjenis quasi eksperimen
dengan bentuk desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian
dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang dengan teknik pengambilan
sampel berupa purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
sebanyak 6 soal tes uraian. Hasil uji T setelah perlakuan model pembelajaran
sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan dari kedua kelas.
Hasil tersebut didukung dengan uji N-Gain dengan rerata kelas eksperimen 0,68
lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan rerata 0,46. Model Discovery Based
Multiple representation Learning (DMRL) berbantuan media flash card
disimpulkan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa.
Tidak tersedia versi lain