Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP
Era abad 21 menjadikan berbagai aspek kehidupan manusia menjadi
berkembang, sehingga perlu adanya dukungan berbagai pihak termasuk
pendidikan. Melalui aspek pendidikan diharapkan membentuk generasi yang
memiliki keterampilan yang diperlukan pada era sekarang salah satunya
keterampilan literasi sains. Akan tetapi, metode pembelajaran yang dilakukan lebih
menekankan pada dimensi konten, penguasaan konsep berupa hafalan, dan masih
menggunakan metode ceramah sehingga menjadikan rendahnya keterampilan
literasi sains siswa. Solusi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keterampilan
tersebut dengan menerapkan model pembelajaran RICOSRE.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran
RICOSRE untuk meningkatkan keterampilan literasi sains siswa pada
pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini dilakukan dengan desain Quasi Experiment
Non-equivalent Control Group. Analisis data dilakukan dengan uji Mann Whitney,
uji Wilcoxon, dan N-Gain. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Magelang, melalui teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII
A sebagai kelas yang mendapat perlakuan atau kelas eksperimen dan kelas VIII B
sebagai yang tidak mendapat perlakuan atau kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan model RICOSRE terbukti efektif
meningkatkan keterampilan literasi sains siswa sebagaimana ditunjukkan oleh hasil
uji Mann Whitney pada data posttest dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil
ini menunjukkan perbedaan signifikan dalam literasi sains antara kelompok
eksperimen dan kontrol. Uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen mengungkapkan
peningkatan signifikan dari pretest ke posttest, sedangkan kelompok kontrol tidak
menunjukkan perubahan signifikan. Selain itu, skor N-Gain kelompok eksperimen
mencapai 0,57 (kategori sedang), dibandingkan 0,05 (kategori rendah) pada
kelompok kontrol. Untuk indikator 1, N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,83
(kategori tinggi), sementara kelompok kontrol 0,29 (kategori rendah). Indikator 2
menunjukkan N-Gain kelompok eksperimen 0,57 (kategori sedang) dan kelompok
kontrol -0,45 (kategori rendah). Indikator 3 menghasilkan N-Gain 0,28 (kategori
rendah) untuk kelompok eksperimen dan 0,26 (kategori rendah) untuk kelompok
kontrol. Dengan demikian, model RICOSRE efektif meningkatkan keterampilan
literasi sains siswa.
Tidak tersedia versi lain