Text
SKRIPSI PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN TAHUN 2018-2023 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
ABSTRAK
Perusahaan merupakan entitas ekonomi yang memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, perusahaan dituntut untuk dapat bertahan dan berkembang agar dapat mencapai tujuan keberhasilan yang diinginkan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan adalah nilai perusahaan. Menilai nilai perusahaan merupakan aspek penting dalam analisis keuangan, baik bagi manajemen perusahaan, investor, maupun pemangku kepentingan lainnya. Nilai perusahaan sering dijadikan ukuran keberhasilan kinerja dan indikator Kesehatan finansial jangka Panjang. Dalam penelitian ini mengalami fenomena yang fluktuatif pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2023. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2023. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 19 perusahaan sebagai sampel, sehingga diperoleh 114 data yang akan diamati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan dan leverage memiliki nilai yang signifikan terhadap nilai perusahaan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2023. Sementara itu, pertumbuhan perusahaan tidak memiliki nilai yang signifikan terhadap nilai perusahaan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2023.
Kata Kunci: ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, leverage, nilai perusahaan
Tidak tersedia versi lain