Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PROBLEM CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SMP
Keterampilan pemecahan masalah sebagai serangkaian proses berfikir yang
bertujuan untuk mengidentifikasi metode yang sesuai dalam memperoleh jalan
keluar dari suatu permasalahan. Keterampilan memecahkan masalah menjadi
landasan penting dan sangat vital pada mekanisme pembelajaran untuk peserta
didik, karena peserta didik yang berhasil menyelesaikan masalah akan
mendapatkan pengalaman berupa keterampilan serta pengetahuan yang dimiliki
untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun berdasarkan
penelitian TIMSS, Indonesia masih memiliki keterampilan pemecahan masalah
yang rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya penerapan model yang dapat
meningkatkan KPM peserta didik, yaitu menggunakan model pembelajaran PBL
berbantuan problem card. Penerapan model PBL berbantuan problem card
dilakukan dengan memberikan permasalahan menggunakan kehidupan sehari-hari
sebagai pemantiknya. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi
dan permasalahan yang disajikan, maka dibuatlah media berupa problem card.
Dengan adanya pembelajaran PBL berbantuan problem card ini akan memotivasi
peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi sebagai upaya memecahkan
permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model
PBL berbantuan problem card untuk meningkatkan KPM peserta didik. Jenis
penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi
experimental dan bertipe non-equivalent control group design.
Subjek
penelitiannya adalah kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIF sebagai kelas
kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa uji Wilcoxon 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan
peningkatan KPM yang signifikan setelah diterapkan model PBL berbantuan
problem card. Nilai N-Gain dari kelas eksperimen sebesar 0,77 (kategori tinggi)
dan kelas kontrol 0,46 (kategori sedang). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model PBL berbantuan
problem card untuk meningkatkan KPM peserta didik.
Tidak tersedia versi lain