PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANPROSES SAINS PESERTA DIDIK

WITANTRI YULIANI - Nama Orang;

Penguasaan keterampilan proses sains (KPS) merupakan aspek utama dalam
pembelajaran IPA karena mendukung peserta didik untuk dapat memecahkan
masalah secara ilmiah. KPS penting karena bisa mendorong siswa lebih aktif saat
proses belajar. Namun, kenyataannya KPS siswa tergolong rendah, hal ini
didasarkan pada hasil TIMSS tahun 2015 yang memperlihatkan Indonesia
mendapatkan skor 397 dari 500. Hasil PISA tahun 2022 menunjukkan Indonesia
mendapatkan skor untuk sains yaitu 383. Hasil tes awal KPS dan observasi yang
dilaksanakan di SMP N 7 Magelang memperlihatkan bahwa indikator KPS dasar
yang dimiliki siswa rendah. Pembelajaran di kelas cenderung menggunakan model
pembelajaran yang berfokus pada guru, sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam
proses pemecahan masalah dan eksperimen. KPS dapat dilatih dengan penerapan
model pembelajaran yang tepat. Model project based learning (PjBL) ialah model
pembelajaran yang mendorong siswa aktif ketika pembelajaran. Project yang
digunakan yaitu pembuatan pupuk organik cair dan dikaitkan dengan materi
ekologi dan keanekaragaman hayati.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran
PjBL pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati dalam meningkatkan KPS
peserta didik.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
quasy experiment dan pretest-postest control group design. Kelas yang digunakan
adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data
penelitian menggunakan 6 soal uraian KPS. Teknik analisis data menggunakan uji
prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis yaitu uji
independent t-test, uji N-Gain dan uji effect size.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA YUL K 2025
50-UN57.U1-SI-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA YUL K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVIII;190 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?