Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Kemampuan pemecahan masalah adalah satu di antara kemampuan penting
yang perlu dikuasai siswa dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimilikinya
guna menyelesaikan suatu permasalahan secara tepat. Kemampuan ini mencakup
beberapa indikator salah satunya berdasarkan Polya, yaitu memahami masalah,
menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan
memeriksa kembali. Hasil tes awal pada siswa kelas VII SMP Negeri 3
Mertoyudan, ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa sangat
rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam
pembelajaran serta kurang optimalnya pemanfaatan model serta media yang
mendukung keterlibatan mereka. Salah satu solusi alternatif yang dapat diterapkan
adalah model Brain Based Learning berbantuan LiveWorksheets berbasis Realistic
Mathematics Education.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Brain Based
Learning berbantuan LiveWorksheets berbasis Realistic Mathematics Education
yang dibandingkan dengan model konvensional terhadap kemampuan pemecahan
masalah siswa dan menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah
pada siswa terhadap model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan
LiveWorksheets berbasis Realistic Mathematics Education.
Metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif yang berdesain quasi
experimental berbentuk nonequivalent pretest-posttest control group design.
Teknik penentuan sampel dengan metode cluster random sampling. Subjek
penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas 7B sebagai kelas kontrol dan kelas 7D
sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi
lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes. Adapun teknik dalam
mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi
Tidak tersedia versi lain