PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

ZALFA ALFINA FEBILIA - Nama Orang;

Kemampuan penting yang semestinya dimiliki oleh siswa yaitu kemampuan
pemecahan masalah matematis. Kemampuan memecahkan masalah diperlukan
dalam aktivitas sehari-hari, setiap individu akan menghadapi berbagai persoalan
yang membutuhkan penyelesaian. Berdasarkan uji yang dilakukan di kelas VIII
SMP Negeri 1 Bandongan, kemampuan siswa dalam pemecahan masalah
matematis masih sangat rendah. Dibutuhkan inovasi pembelajaran berupa model
pembelajaran TAPPS yang dikolaborasikan dengan pendekatan kontekstual. Model
TAPPS menggunakan teknik berpikir untuk menyampaikan solusi dengan suara
jelas secara berpasangan untuk menyelesaikan permasalahan. Selain itu,
pendekatan kontekstual memudahkan siswa memahami materi pembelajaran.
Tujuan penelitian ini guna menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dengan model TAPPS melalui pendekatan kontekstual.
Selain itu, juga menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa dengan model pembelajaran TAPPS melalui pendekatan
kontekstual yang dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental. Teknik pemilihan
sampel dengan cluster random sampling digunakan untuk memilih dua kelas secara
acak dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandongan, didapatkan kelas
VIIIC dan VIIID. Instrumen penelitian mencakup pedoman wawancara, lembar
observasi, angket, lembar validasi, dan tes. Teknik pengumpulan data mencakup
wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Tes awal kemampuan, soal
pretest, dan soal posttest menjadi teknik pengambilan data kemampuan pemecahan
masalah matematis. Analisis data yang dimanfaatkan yaitu paired sample t-test,
independent sample t-test, dan analisis N-Gain.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi MATEMATIKA FEB P 2025
52-UN57.U1-SPM-VII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FEB P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;301 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?