Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RADEC DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE BERBANTUAN E MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
diterapkan siswa ketika menghadapi permasalahan tidak rutin dan
mengaplikasikan di dalam kehidupan yang menekankan pada proses atau strategi
dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki. Kemampuan yang dimiliki
siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Magelang dalam memecahkan masalah
tergolong sangat kurang. Hal ini dibuktikan dari hasil tes kemampuan awal
pemecahan masalah dengan rerata 24,07. Kurangnya keterampilan siswa dalam
memecahkan masalah disebabkan penggunaan model pembelajaran pembelajaran
langsung di dalam kelas, belum menerapkan strategi dalam pembelajaran, dan
belum menggunakan bahan ajar secara maksimal. Alternatif yang diberikan untuk
mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Read,
Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) dengan Strategi Question Student
Have berbantuan e-modul dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan
masalah siswa yang menerapkan model pembelajaran RADEC dengan strategi
Question Student Have berbantuan e-modul secara klasikal. Selain itu, penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran RADEC dengan
strategi Question Student Have berbantuan e-modul dibandingkan model
pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain quasi
experimental. Bentuk penelitian ini yaitu nonequivalent posttest-only control group
design. Populasi dari penelitian ini mencakup semua siswa kelas VIII MTs Negeri
1 Kota Magelang. Sementara itu, sampel diambil secara cluster random sampling
dan terpilih kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara, angket, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat berupa uji normalitas dan
uji homogenitas serta uji hipotesis berupa uji hipotesis 1 dengan uji Z dan uji
hipotesis 2 dengan independent sample t-test.
Tidak tersedia versi lain