Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN APLIKASI GECULTURA (GAME EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA
              Kemampuan numerasi siswa di SMP Negeri 1 Salaman masih berada pada 
kategori sedang. Dalam proses pembelajaran matematika, guru belum 
memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat mendukung 
keterlibatan aktif siswa. Pemanfaatan pendekatan etnomatematika pun masih 
terbatas, yaitu hanya melalui penayangan video dan media ajar tayang yang 
berkaitan, tanpa adanya integrasi langsung dalam aktivitas pembelajaran. Selain itu, 
guru cenderung mengandalkan media pembelajaran konvensional seperti buku 
paket, media ajar tayang, modul, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Khusus 
pada materi persamaan garis lurus, belum tersedia media pembelajaran yang 
dilengkapi dengan ilustrasi visual yang dapat membantu siswa memahami konsep 
secara konkret dan kontekstual.  
Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu media pembelajaran 
yang inovatif dan kontekstual untuk membantu meningkatkan kemampuan 
numerasi siswa, khususnya pada materi persamaan garis lurus. Salah satu alternatif 
yang dapat digunakan adalah pengembangan aplikasi GeCultura, yaitu game 
edukasi berbasis etnomatematika yang dirancang untuk mengintegrasikan unsur 
budaya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab 
tiga pertanyaan utama, yaitu: (1) bagaimana kevalidan penggunaan aplikasi 
GeCultura dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa, (2) bagaimana 
kepraktisan penggunaan aplikasi tersebut dalam proses pembelajaran, dan (3) 
bagaimana keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa SMP 
pada materi persamaan garis lurus.            
Tidak tersedia versi lain