Text
SKRIPSI ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM BATIK (Studi Kasus Pada UMKM Batik Tulis Yuliati Warno di Kabupaten Pati)
ABSTRAK
UMKM merupakan sektor usaha yang mengalami perkembangan secara pesat. Batik tulis Yuliati Warno adalah UMKM yang bergerak dibidang industri kerajinan batik tulis yang memiliki jangkauan bisnis di Kabupaten Pati. Adanya pandemi Covid-19 serta persaingan usaha yang semakin kompetitif memberikan dampak kepada penurunan penjualan UMKM batik tulis Yuliati Warno sehingga dalam hal ini diperlukan pengembangan model bisnis serta perumusan strategi yang tepat untuk meningkatkan kembali perjuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi serta mengembangkan model bisnis untuk meningkatkan penjualan UMKM batik tulis Yuliati Warno. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan kuesioner serta data sekunder yang diperoleh dari jurnal, buku, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Business Model Canvas (BMC) untuk menggabarkan kondisi bisnis dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) untuk merumuskan strategi UMKM batik tulis Yuliati Warno. Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa strategi yang tepat untuk mendukung perbaikan BMC yaitu strategi SO dimana perlu adanya perbaikan dan peningkatan pada elemen segmen pelanggan, proporsi nilai, saluran, hubungan pelanggan, meningkatkan arus pendapatan, sumber daya utama, aktivitas kunci, kemitraan utama, dan struktur biaya.
Kata Kunci : UMKM Batik Tulis, BMC, SWOT
Tidak tersedia versi lain