PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TUNARUNGU DITINJAU DARI TIPE SOAL TEKS DAN SOAL BERGAMBAR

AHMAD FALAHUDIN ALKHAFFILI - Nama Orang;

Pendidikan inklusif menekankan pentingnya penyediaan layanan belajar yang setara bagi seluruh siswa, termasuk siswa tunarungu yang memiliki keterbatasan dalam memahami bahasa tulis maupun lisan. Dalam konteks pembelajaran matematika, keterbatasan tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang berbasis teks. Oleh karena itu, penting dilakukan kajian yang mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa tunarungu berdasarkan bentuk penyajian soal. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa tunarungu pada soal asesmen ditinjau dari tipe soal teks dan soal bergambar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa tunarungu kelas VII dan VIII di SLB-B YPPALB Kota Magelang. Data diperoleh melalui tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal teks, siswa tunarungu mampu menjelaskan langkah pemecahan secara runtut saat wawancara, mencakup dari memahami masalah hingga memeriksa kembali. Namun, di lembar jawaban, sebagian besar hanya menuliskan prosedur tanpa tahapan berpikir yang lengkap. Hal serupa terjadi pada soal bergambar, siswa dapat memahami isi soal dan mengaitkan gambar dengan operasi matematika saat wawancara, tetapi jawaban tertulis tetap terbatas pada hasil akhir tanpa penjabaran proses berpikir. Temuan ini menegaskan bahwa perbedaan bukan terletak pada jenis soal, melainkan pada kesenjangan antara kemampuan verbal dan kemampuan menuangkan pemahaman secara tertulis, sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan literasi dan komunikasi matematis secara utuh bagi siswa tunarungu.
Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penyajian soal memengaruhi cara siswa mengungkapkan proses berpikirnya, baik secara tertulis maupun lisan. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa guru perlu merancang soal yang sesuai dengan karakteristik siswa tunarungu, serta membiasakan mereka menyelesaikan soal secara sistematis dan disesuaikan dengan karakter visual yang dimiliki. Dengan demikian, proses berpikir matematis siswa tunarungu dapat dieksplorasi dan dikembangkan secara optimal.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA ALK A 2025
57-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ALK A 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;175HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?