Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL STATION ROTATION BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Kemampuan memahami konsep ialah suatu elemen yang penting dalam kegiatan belajar, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Dengan pemahaman konsep yang baik, siswa dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang terstruktur dan logis. Namun, tingkat pemahaman konsep di SMP Negeri 7 Magelang masih rendah. Keadaan ini menyulitkan siswa dalam mengikuti Pelajaran berikutnya dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa, memperjelas konsep, dan meningkatkan pemahaman secara menyeluruh.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ketuntasan klasikal pemahaman konsep siswa. Analisis dilakukan pada siswa yang belajar menggunakan Model Station Rotation berbantuan Articulate Storyline dan siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan keefektifan kedua model pembelajaran tersebut.
Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan eksperimen semu serta desain nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas VII SMP Negeri 7 Magelang tahun ajaran 2024/2025 dengan penerapan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VII Dsebagai kelas kontrol dan Kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes pemahaman konsep. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik z dan uji independent sample t-test.
Tidak tersedia versi lain