Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL GUIDED NOTE-TAKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
Keterampilan berkaitan erat dengan kemampuan untuk menemukan solusi bagi beragam masalah, sekaligus menentukan strategi atau metode penyelesaian yang paling tepat. Namun faktanya, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang masih menjadi perhatian karena tergolong rendah. Diduga, hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang belum efektif dalam mendorong perkembangan kemampuan tersebut. Selain itu, perbedaan tingkat motivasi belajar siswa juga turut memengaruhi, sehingga berdampak pada variasi hasil belajar mereka. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan model pembelajaran langsung. Selain itu, tujuan menganalisis dampak tingkat motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Demikian juga bertujuan untuk mengidentifikasi adanya interaksi antara model pembelajaran GNT dan tingkat motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental untuk mengkaji pengaruh suatu perlakuan terhadap variabel tertentu dalam kondisi yang tidak sepenuhnya acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, di mana kelompok dipilih secara acak berdasarkan kelas yang sudah ada. Melalui teknik ini, terpilih dua kelas sebagai sampel: kelas VIII C ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang akan menerima perlakuan dengan model pembelajaran guided note-taking, dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional tanpa perlakuan khusus.
Tidak tersedia versi lain