Text
SKRIPSI ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS X SMK CITRA MEDIKA KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa dalam penilaian sumatif tengah semester ganjil Bahasa Indonesia kelas X di SMK Citra Medika Kota Magelang. Berdasarkan wawancara, dalam penyusunan soal PSTS belum dilakukan analisis butir soal sehingga kualitas soal tersebut belum diketahui dari aspek validitas, reliabilitas, indeks tingkat kesulitan soal, indeks daya pembeda soal, dan efektivitas butir pengecoh. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kualitas butir soal PSTS Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kelayakan butir soal Penilaian PSTS Ganjil Bahasa Indonesia kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang tahun ajaran 2024/2025 ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, indeks tingkat kesulitan soal, indeks daya pembeda soal, dan efektivitas butir pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian noneksperimental dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berupa jawaban siswa berjumlah 34 lembar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, meliputi naskah soal PSTS, kunci jawaban, dan lembar jawaban siswa. Teknik analisis data kuantitatif dibantu dengan software Anates versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Terdapat 23 soal atau 77% valid dan 7 soal atau 23% tidak valid. 2) Nilai reliabilitas tes sebesar 0,87 menunjukkan tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. 3) Indeks tingkat kesulitan soal sebanyak 1 soal atau 3% sulit, 25 soal atau 84% sedang, dan 4 soal atau 13% mudah. 4) Indeks daya pembeda soal sebanyak 2 soal atau 7% sangat tidak layak, 5 soal atau 17% tidak layak, 19 soal atau 63% layak, dan sebanyak 4 soal atau 13% sangat layak. 5) Efektivitas butir pengecoh terdapat 6 soal atau 20% sangat baik, 12 soal atau 40% baik, 9 soal atau 30% cukup, 2 soal atau 7% tidak baik, dan 1 soal atau 3% sangat tidak baik. Soal PSTS Ganjil Bahasa Indonesia kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang tahun ajaran 2024/2025 dapat disimpulkan memiliki kualitas yang kurang baik. Perlu dilakukan perbaikan pada indeks tingkat kesulitan soal, indeks daya pembeda soal, dan efektivitas butir pengecoh agar dapat menghasilkan kualitas soal yang lebih baik.
Tidak tersedia versi lain