Text
SKRIPSI EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) BERBANTUAN WEBSITE CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar
yang mencakup memahami, menjelaskan, menerapkan, dan mengembangkan
konsep dalam berbagai situasi. Kemampuan pemahaman konsep yang kuat
penting untuk dimiliki siswa karena menjadi dasar dalam menyelesaikan masalah
kompleks, memahami keterkaitan antar materi, dan mengembangkan kemampuan
matematis yang lebih tinggi. Namun, berdasarkan hasil tes awal kemampuan
pemahaman konsep matematis, diketahui bahwa kemampuan siswa kelas X di
SMA Negeri 1 Grabag masih tergolong rendah. Hasil observasi menunjukkan
bahwa model pembelajaran yang diterapkan berpusat pada guru sehingga siswa
kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan suatu
model pembelajaran guna mengembangkan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran SAVI berbantuan
website Canva.
Tujuan penelitian dimaksudkan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran SAVI berbantuan website Canva secara klasikal. Selain itu, tujuan
kedua untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Selanjutnya,
penelitian ini juga menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
yang diajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan website
Canva dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang
diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Tidak tersedia versi lain