Text
SKRIPSI ANALISIS KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN DESAIN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA KELAS XII SMA
Buku teks merupakan salah satu sumber belajar utama dalam proses pendidikan. Buku teks yang digunakan harus memenuhi kriteria kelayakan agar dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Penilaian kelayakan buku teks berlandaskan pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 22 Tahun 2022 tentang penilaian buku pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan buku teks meliputi aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan desain. Fokus kajian diarahkan pada buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kurikulum Merdeka kelas XII SMA terbitan Kemendikbudristek tahun 2022. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan teknik simak-catat. Teknik analisis data yang diterapkan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan penilaian menggunakan instrumen yang disusun sesuai indikator BSKAP, kelayakan isi memperoleh skor rata-rata 76,66% (kategori layak), kelayakan penyajian mendapat skor 91,60% (kategori sangat layak), kelayakan bahasa memperoleh 88,88% (kategori sangat layak), dan kelayakan desain memperoleh 91,66% (kategori sangat layak). Beberapa kekurangan ditemukan, seperti gambar yang kurang relevan, istilah yang tidak sesuai konteks, serta penggunaan huruf dan tata letak yang mengganggu keterbacaan di beberapa bagian. Simpulan dari penelitian ini yaitu Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas XII SMA sudah layak digunakan untuk pembelajaran dan memenuhi sebagian besar kriteria yang ditetapkan BSKAP . Namun, buku ini masih memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu, buku ini tetap memenuhi sebagian besar kriteria kelayakan dan dapat digunakan dengan catatan perbaikan.
Tidak tersedia versi lain