Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) EDUCATIONAL GAME BERBASIS RPG MAKER MV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS X
Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki dalam upaya menghadapi abad 21 adalah kemampuan literasi matematis. Akan tetapi, kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Magelang masih rendah. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran masih belum maksimal. Dengan demikian, perlu adanya inovasi media pembelajaran yang mampu mendukung kemampuan literasi matematis siswa kelas X. Tujuan penelitian ini adalah guna mengembangkan dan mengidentifikasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran STEM educational game berbasis RPG Maker MV untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas X. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan aplikasi RPG Maker MV dengan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4D. Analisis kevalidan menggunakan angket yang diisi oleh ahli media dan ahli materi. Kepraktisan diukur dengan angket respon guru dan siswa, dan keefektifan dianalisis melalui peningkatan nilai pretest dan posttest yang mengukur kemampuan literasi matematis menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa STEM educational game memenuhi aspek valid sebesar 85,42% dengan kategori sangat valid dari ahli materi dan 86,46% dengan kategori sangat valid dari ahli media. Di sisi lain, hasil kepraktisan siswa sebesar 86,03% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket kepraktisan guru sebesar 94,64% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, keefektifan STEM educational game memiliki nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa STEM educational game berbasis RPG Maker MV valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Selain menambah pengetahuan dan data empiris, STEM educational game juga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kedepannya, diharapkan adanya pengembangan lebih lanjut terhadap STEM educational game dengan berbagai kemampuan matematika dan materi lain sebagai inovasi media pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain