PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) EDUCATIONAL GAME BERBASIS RPG MAKER MV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS X

DWI RIZKY MULYA ISTI RAHAYU - Nama Orang;

Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki dalam upaya menghadapi abad 21 adalah kemampuan literasi matematis. Akan tetapi, kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Magelang masih rendah. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran masih belum maksimal. Dengan demikian, perlu adanya inovasi media pembelajaran yang mampu mendukung kemampuan literasi matematis siswa kelas X. Tujuan penelitian ini adalah guna mengembangkan dan mengidentifikasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran STEM educational game berbasis RPG Maker MV untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas X. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan aplikasi RPG Maker MV dengan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4D. Analisis kevalidan menggunakan angket yang diisi oleh ahli media dan ahli materi. Kepraktisan diukur dengan angket respon guru dan siswa, dan keefektifan dianalisis melalui peningkatan nilai pretest dan posttest yang mengukur kemampuan literasi matematis menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa STEM educational game memenuhi aspek valid sebesar 85,42% dengan kategori sangat valid dari ahli materi dan 86,46% dengan kategori sangat valid dari ahli media. Di sisi lain, hasil kepraktisan siswa sebesar 86,03% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket kepraktisan guru sebesar 94,64% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, keefektifan STEM educational game memiliki nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa STEM educational game berbasis RPG Maker MV valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Selain menambah pengetahuan dan data empiris, STEM educational game juga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kedepannya, diharapkan adanya pengembangan lebih lanjut terhadap STEM educational game dengan berbagai kemampuan matematika dan materi lain sebagai inovasi media pembelajaran.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA RAH P 2025
40-UN57.U1-SPM-VII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA RAH P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVII;203HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?