Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA
Literasi numerasi adalah fondasi utama untuk memahami dan mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, faktanya, kemampuan literasi numerasi siswa SMP di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini diperkuat dengan rata-rata hasil tes awal kemampuan literasi numerasi yang dilaksanakan di kelas VII A MTs N 1 Kota Magelang yang menghasilkan nilai sebesar 51,48. Kurangnya bahan ajar numerasi dan model pembelajaran yang tidak sesuai dapat menjadi salah satu sebab kemampuan literasi numerasi siswa masih dalam kategori rendah. Setelah dilakukan wawancara dengan guru matematika MTs N 1 Kota Magelang, model pembelajaran dan bahan ajar numerasi belum mampu mendukung peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Maka dari itu, dilakukan pengembangan e-modul berbasis RQA (Reading, Questioning, and Answering). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis RQA dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE, meliputi lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, wawancara, tes, dan observasi. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs N 1 Kota Magelang. Sampel penelitian ini siswa kelas VII A MTs N 1 Kota Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis RQA yang dikembangkan memiliki validitas sangat valid dengan perolehan nilai 85% dari ahli materi dan 87,06% dari ahli media. Hasil kepraktisan memperoleh nilai sebesar 87,97% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, e-modul berbasi RQA dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,438 dengan kategori sedang. Kesimpulannya e-modul berbasis RQA (Reading, Questioning, and Answering) untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif. E-modul ini dapat dikembangkan lagi kontennya, ditingkatkan kembali interaktifnya, dan dikembangkan untuk mempermudah siswa mempelajari matematika khususnya materi penyajian data.
Tidak tersedia versi lain