Text
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu fokus utama dalam
tujuan pendidikan matematika di Indonesia saat ini. Karena itu, kemampuan
pemecahan masalah matematis sangat penting untuk diperhatikan demi kemajuan
pembelajaran matematika di Indonesia. Menurut hasil penilaian harian peserta didik
kelas VIII di SMP Negeri 6 Magelang pada materi SPLDV didapatkan rata-rata
nilai sebesar 38,87%. Hasil tersebut masih di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran (KKTP). Salah satu penyebabnya karena pemanfaatan bahan ajar
yang kurang bervariasi, sehingga diperlukan inovasi dalam pembuatan bahan ajar.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan bahan ajar LKPD berbasis PBL terintegrasi STEM untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan
model pengembangan ADDIE yang dirancang oleh Branch.
Tidak tersedia versi lain