Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK FASE E PADAMATERI EKOSISTEM
Hal yang menjadi latar belakang untuk penelitian ini adalah dari hasil observasi
terkait keaktifan belajar peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung dan
hasil belajar di SMA Negeri 1 Muntilan yang belum optimal. Berdasarkan dari hasil
observasi, diketahui bahwa hal ini dipengaruhi oleh penggunaan model
pembelajaran yang masing berpusat pada pendidik sehingga para peserta didik
menjadi pasif saat pembelajaran. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Talking Chips terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar kognitif
peserta didik pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yaitu quasi
experiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek untuk
penelitian ini adalah peserta didik Fase E SMA Negeri 1 Muntilan, Kelas E. 2
sebagai kelas eksperimen dan E. 3 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan
sampelnya melalui teknik purposive sampling yaitu menggunakan uji kesetaraan
sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal tes, lembar angket,
dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif uji hipotesis yaitu dengan
uji independent sample t test. Sebelum uji hipotesis, data dilakukan uji normalitas
dan homogenitas terlebih dahulu sebagai uji parsyarat. Pada data angket terhadap
keaktifan belajar peserta didik memperoleh rata-rata 89,17 pada kelas eksperimen
dan 84,77 pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dari data tersebut memperoleh nilai
sig sebesar 0,001, dimana nilai tersebut menunjukkan sig < 0,05 yang artinya
terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap
keaktifan belajar peserta didik
Tidak tersedia versi lain