PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK FASE E PADAMATERI EKOSISTEM

FARIKHATUL HIDAYAH - Nama Orang;

Hal yang menjadi latar belakang untuk penelitian ini adalah dari hasil observasi
terkait keaktifan belajar peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung dan
hasil belajar di SMA Negeri 1 Muntilan yang belum optimal. Berdasarkan dari hasil
observasi, diketahui bahwa hal ini dipengaruhi oleh penggunaan model
pembelajaran yang masing berpusat pada pendidik sehingga para peserta didik
menjadi pasif saat pembelajaran. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Talking Chips terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar kognitif
peserta didik pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yaitu quasi
experiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek untuk
penelitian ini adalah peserta didik Fase E SMA Negeri 1 Muntilan, Kelas E. 2
sebagai kelas eksperimen dan E. 3 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan
sampelnya melalui teknik purposive sampling yaitu menggunakan uji kesetaraan
sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal tes, lembar angket,
dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif uji hipotesis yaitu dengan
uji independent sample t test. Sebelum uji hipotesis, data dilakukan uji normalitas
dan homogenitas terlebih dahulu sebagai uji parsyarat. Pada data angket terhadap
keaktifan belajar peserta didik memperoleh rata-rata 89,17 pada kelas eksperimen
dan 84,77 pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dari data tersebut memperoleh nilai
sig sebesar 0,001, dimana nilai tersebut menunjukkan sig < 0,05 yang artinya
terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap
keaktifan belajar peserta didik


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi BIOLOGI HID P 2025
53-UN57.U1-SPB-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI HID P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;175 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?