Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS GENIALLY TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF SMA NEGERI 2 GRABAG
              Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar kognitif siswa 
dalam mata pelajaran Biologi, yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam 
penerapan model serta media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil ulangan 
harian yang menunjukkan bahwa 51,4% siswa belum mencapai tujuan 
pembelajaran. Selain itu, wawancara dengan guru biologi mengungkapkan bahwa 
partisipasi siswa dalam diskusi masih rendah, sehingga keterlibatan mereka dalam 
proses pembelajaran juga minim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 
mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dipadukan 
dengan media ular tangga berbasis genially terhadap minat belajar dan hasil belajar 
kognitif siswa pada submateri sistem saraf. Metode yang digunakan adalah quasi 
eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian 
terdiri dari dua kelas XI di SMA Negeri 2 Grabag, yaitu kelas XI 1 sebagai kelas 
eksperimen dan XI 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi 
modul ajar, tes hasil belajar berupa pretest dan post-test, serta angket minat belajar 
yang telah melalui uji validitas. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest dan 
post-test materi sistem saraf, serta hasil angket minat belajar.            
Tidak tersedia versi lain