Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MATERI SISTEM IMUNITAS DI SMA NEGERI 3 TEMANGGUNG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi sains serta hasil
belajar kognitif materi sistem imunitas peserta didik masih kurang dari standar
ketercapaian tujuan pembelajaran. Kondisi ini disebabkan oleh penggunaan
metode pembelajaran yang berupa ceramah serta model lain yang kurang berhasil
dalam mengoptimalkan literasi sains peserta didik. Tujuan dari penelitian yang
dilaksanakan untuk mengkaji pengaruh model RICOSRE terhadap literasi sains
serta hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem imunitas.
Digunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design
pada penelitian. Sampel diambil menggunakan purposive sampling subjek
penelitian berupa kelas eksperimen yaitu XI 1 dan kelas kontrol yaitu Xl.
Instrumen menggunakan lembar pedoman wawancara, modul ajar, lembar soal
literasi sains, lembar soal hasil belajar kognitif, lembar validasi soal tes, serta
lembar keterlaksanaan sintaks. Data didapatkan dari nilai pretest post-test kelas
eksperimen serta kontrol materi sistem imunitas. Uji hipotesis ancova (Analysis of
Covariance) merupakn teknik analisis data yang digunakan.
Tidak tersedia versi lain