Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENSIAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar kognitif dan
minat belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bandongan dalam memahami
materi perubahan lingkungan. Penyebab utama dari permasalahan tersebut adalah
penerapan model pembelajaran kurang sesuai dan cakupan materi yang luas.
Kondisi ini menunjukkan perlu adanya model pembelajaran yang mendorong
pengoptimalan hasil belajar kognitif sekaligus menumbuhkan minat belajar. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran
Eksperiensial Jelajah Alam Sekitar (EJAS) terhadap hasil belajar kognitif dan minat
belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan.
Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dan rancangan Nonequivalent
Control Group Design. Populasi penelitian mencakup peserta didik kelas X SMA
Negeri 1 Bandongan, dengan sampel sebanyak 72 peserta didik yang terdiri 36
siswa kelas E5 sebagai kelompok kontrol dan 36 siswa kelas E6 sebagai kelompok
eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara,
tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut akan dianalisis
dengan teknik analisis keterlaksanaan sintaks pembelajaran, data hasil belajar
kognitif, penentuan kategori minat belajar, uji prasyarat, dan uji homogenitas.
Tidak tersedia versi lain