Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA FLASH-ARE (FLASHCARD AUGMENTED REALITY ETNOMATEMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI
Kemampuan numerasi sangat penting untuk membekali peserta didik. Kemampuan ini tidak hanya dibutuhkan dalam pendidikan formal, melainkan juga sangat penting dalam interaksi sosial, dunia kerja, serta saat mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Namun berdasarkan tes awal hasilnya masih dalam kategori rendah. Hal tersebut terjadi karena peserta didik sulit menemukan informasi matematika yang penting dalam soal terutama soal cerita. Materi peluang merupakan salah satu topik matematika yang relevan untuk dikaitkan dengan pengembangan kemampuan numerasi. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk mendukung proses belajar peserta didik secara lebih efektif. Media yang dapat digunakan yaitu media FLASH-ARE. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 2 Magelang dengan sampel berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Adapun Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, angket, lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid dengan perolehan validitas materi 80% yang masuk dalam kategori valid dan validitas media 85% yang masuk dalam kategori sangat valid. FLASH-ARE dikategorikan sangat praktis karena memperoleh tanggapan positif dari peserta didik 81,35% dan dari guru sebesar 90%. Selain itu, media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi dengan dibuktikan adanya perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest dengan nilai N-Gain 0,493 yang masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi.
Tidak tersedia versi lain