PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA FLASH-ARE (FLASHCARD AUGMENTED REALITY ETNOMATEMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI

ANIS NINDITA - Nama Orang;

Kemampuan numerasi sangat penting untuk membekali peserta didik. Kemampuan ini tidak hanya dibutuhkan dalam pendidikan formal, melainkan juga sangat penting dalam interaksi sosial, dunia kerja, serta saat mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Namun berdasarkan tes awal hasilnya masih dalam kategori rendah. Hal tersebut terjadi karena peserta didik sulit menemukan informasi matematika yang penting dalam soal terutama soal cerita. Materi peluang merupakan salah satu topik matematika yang relevan untuk dikaitkan dengan pengembangan kemampuan numerasi. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk mendukung proses belajar peserta didik secara lebih efektif. Media yang dapat digunakan yaitu media FLASH-ARE. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 2 Magelang dengan sampel berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Adapun Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, angket, lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid dengan perolehan validitas materi 80% yang masuk dalam kategori valid dan validitas media 85% yang masuk dalam kategori sangat valid. FLASH-ARE dikategorikan sangat praktis karena memperoleh tanggapan positif dari peserta didik 81,35% dan dari guru sebesar 90%. Selain itu, media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi dengan dibuktikan adanya perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest dengan nilai N-Gain 0,493 yang masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran menggunakan FLASH-ARE dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA NIN P 2025
67-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA NIN P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;260HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?