Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBANTUAN MATHCITYMAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Kemampuan siswa dalam memecahkan persoalan matematika memegang
peranan penting sebagai bagian dari kompetensi inti yang mendukung keberhasilan
proses pembelajaran. Namun, hasil observasi dan tes awal di SMP Negeri 7
Magelang menunjukkan kemampuan ini masih rendah, dengan rata-rata nilai hanya
41,03 dari 100. Kesulitan siswa meliputi memahami soal, menyusun strategi,
hingga meninjau langkah penyelesaian. Hal ini diperparah oleh dominasi
pembelajaran langsung yang bersifat satu arah, minim ruang eksplorasi dan
interaksi antar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu
mengaktifkan peran siswa secara optimal, serta didukung oleh media yang mampu
memberikan pengalaman belajar kontekstual dan bermakna.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran CORE
(Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan MathCityMap
terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menelaah tiga fokus
utama, yaitu: (1) efektivitas model CORE berbantuan MathCityMap terhadap
kemampuan pemecahan masalah, (2) efektivitas model pembelajaran langsung
terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan (3) perbandingan efektivitas antara
kedua model pembelajaran tersebut.
Tidak tersedia versi lain