Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBANTUAN MATHCITYMAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
              Kemampuan siswa dalam memecahkan persoalan matematika memegang 
peranan penting sebagai bagian dari kompetensi inti yang mendukung keberhasilan 
proses pembelajaran. Namun, hasil observasi dan tes awal di SMP Negeri 7 
Magelang menunjukkan kemampuan ini masih rendah, dengan rata-rata nilai hanya 
41,03 dari 100. Kesulitan siswa meliputi memahami soal, menyusun strategi, 
hingga meninjau langkah penyelesaian. Hal ini diperparah oleh dominasi 
pembelajaran langsung yang bersifat satu arah, minim ruang eksplorasi dan 
interaksi antar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu 
mengaktifkan peran siswa secara optimal, serta didukung oleh media yang mampu 
memberikan pengalaman belajar kontekstual dan bermakna. 
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran CORE 
(Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan MathCityMap 
terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menelaah tiga fokus 
utama, yaitu: (1) efektivitas model CORE berbantuan MathCityMap terhadap 
kemampuan pemecahan masalah, (2) efektivitas model pembelajaran langsung 
terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan (3) perbandingan efektivitas antara 
kedua model pembelajaran tersebut.            
Tidak tersedia versi lain