Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII
              Salah satu tujuan pembelajaran matematika yakni membekali siswa agar 
mampu memahami konsep dan mempraktikkan proses matematika pada kehidupan 
nyata. Di era abad ke-21, siswa dituntut untuk dapat menafsirkan dan menerapkan 
konsep matematika dalam berbagai situasi kehidupan. Kemampuan yang mengarah 
pada hal tersebut adalah kemampuan literasi matematis, sehingga sangat penting 
untuk dimiliki oleh setiap individu. Namun faktanya, hasil tes awal kemampuan 
literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Magelang masih rendah, dengan 
rata-rata nilai sebesar 41,70. Selain itu, dominasi penerapan model pembelajaran 
langsung mengakibatkan kurang aktifnya keterlibatan siswa. Sehingga diperlukan 
model dan media pembelajaran aktif, inovatif, dan efektif. Salah satu model 
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi 
matematis adalah model Think Talk Write (TTW) berbantuan Liveworksheets. 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan literasi 
matematis siswa secara klasikal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran 
Think Talk Write (TTW) berbantuan Liveworksheets dan kelas yang menggunakan 
model pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk 
mengetahui keefektifan model pembelajaran TTW berbantuan Liveworksheets 
dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan literasi 
matematis siswa.            
Tidak tersedia versi lain