Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII PADA MATERI PENYAJIAN DATA
Pelajaran Matematika memiliki salah satu kemampuan penting yang
harus dikuasai, yaitu kemampuan literasi numerasi. Menurut Andreas Schleicher
dari OECD, kemampuan ini sangat dibutuhkan baik di rumah, di pekerjaan,
maupun di masyarakat. Namun demikian, kemampuan literasi numerasi siswa
masih rendah. Hal tersebut terlihat dari tes kemampuan awal siswa. Rendahnya
kemampuan literasi numerasi siswa salah satunya disebabkan oleh pembelajaran
yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Pemanfaatan teknologi
salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan multimedia pembelajaran.
Multimedia yang dapat dipakai yaitu multimedia pembelajaran interaktif
berbantuan Scratch.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan dari multimedia pembelajaran interaktif berbantuan
Scratch untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VII.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D)
dengan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and
Evaluation) sebagai model pengembangannya.
Tidak tersedia versi lain