Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN METODE KUMON TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK PESERTA DIDIK
Literasi statistik didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami,
menafsirkan, mengevaluasi secara kritis, serta menyampaikan informasi dan pesan
statistik. Penting untuk peserta didik memahami literasi statistik sebagai produsen
atau konsumen data. Namun, kemampuan literasi statistik peserta didik di Indonesia
masih rendah, terbukti dari skor literasi matematika PISA 2022 yang di bawah rata
rata global. Hal ini juga terbukti dari tes awal di MTs Negeri 2 Kota Magelang,
dimana rata-rata skor literasi statistik peserta didik hanya 30,83, jauh di bawah
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sekolah sebesar 70, dan
jawaban peserta didik yang belum mencakup seluruh indikator literasi statistik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemampuan literasi
statistik peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung
mengalami ketuntasan secara klasikal, (2) apakah kemampuan literasi statistik
peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan
metode kumon mengalami ketuntasan secara klasikal, (3) apakah kemampuan
literasi statistik peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC
berbantuan metode kumon lebih baik daripada kemampuan literasi statistik peserta
didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
Tidak tersedia versi lain