Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN LKPD BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP
Kemampuan koneksi matematis termasuk elemen penting dalam pembelajaran
matematika sebagaimana ditegaskan oleh National Council of Teachers of
Mathematics (NCTM) dan Kurikulum Merdeka. Berdasarkan tes kemampuan awal
koneksi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mertoyudan, diketahui
bahwa kemampuan koneksi matematis mereka masih rendah. Rendahnya
partisipasi dalam pembelajaran dan belum optimalnya penggunaan bahan ajar
menjadi faktor penyebabnya, sehingga perlu adanya inovasi model pembelajaran
yang mampu mendorong keaktifan dan membuat suasana belajar lebih menarik,
salah satunya model Think Pair Share (TPS) berbantuan LKPD bernuansa
etnomatematika.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan koneksi
matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran TPS berbantuan
LKPD bernuansa etnomatematika secara klasikal. Selain itu, terdapat tujuan lain
penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran TPS berbantuan
LKPD bernuansa etnomatematika dibandingkan model pembelajaran langsung
terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik.
Tidak tersedia versi lain