Text
SKRIPSI PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN, DAN LITERASI ZAKAT TERHADAP MINAT MUZAKKI MENGGUNAKAN FINTECH SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN ZAKAT DIGITAL DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL SE- JAWA TENGAH
              ABSTRAK 
Zakat merupakan prinsip Islam yang mendukung keadilan sosial, dimana merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu untuk memberikan sebagian dari kekayaannya kepada yang kurang mampu. Prinsip ini mengatur transfer kekayaan wajib dari individu yang memiliki penghasilan tinggi (muzakki) kepada penerima zakat (mustahiq). Penelitian ini menggunakan theory planned behaviour untuk menjelaskan bagaimana sikap, norma sosial dan kontrol perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan bukti empiris pengaruh religiusitas, kepercayaan dan literasi zakat terhadap minat muzakki menggunakan fintech sebagai media pembayaran zakat digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara mengumpulkan data kuesioner. Kuesioner disampaikan seluruh muzakki di Jawa Tengah. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menentukan ukuran sampel menggunakan kriteria Roscoy (1975). Perangkat lunak analisis data yang digunakan ialah dengan menggunakan program aplikasi SPSS. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengaruh religiusitas tidak berpengaruh positif terhadap minat muzakki menggunakan fintech, sedangkan pengaruh kepercayaan dan literasi zakat berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki menggunakan fintech 
Kata Kunci: Religiusitas; Kepercayaan; Literasi Zakat; Minat Muzakki Menggunakan Fintech
            
Tidak tersedia versi lain