PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

ANANDA MEISYA NURUL AZIZAH - Nama Orang;

Literasi sains merupakan kemampuan dasar untuk berpartisipasi aktif dalam isu-isu sains yang berkembang di masyarakat dengan tujuan membentuk generasi melek sains, teknologi, kreatif, berpikir kritis, berargumentasi, dan berkolaborasi untuk menghadapi era globalisasi. Rendahnya literasi sains siswa terlihat jelas dari hasil PISA yang diadakan antara tahun 2000 hingga 2022 serta hasil wawancara dan ratarata nilai pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Skor rata-rata di kelas masih masuk pada kategori rendah. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran AIR untuk meningkatkan kemampuan siswa akan literasi sains di tingkat SMP. Penelitian ini berdesain quasi-experiment nonequivalent control group dengan melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan, yaitu kelas VII F sebagai eksperimen dan VII G sebagai kontrol, yang dipilih melalui purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest berjumlah 5 soal essay yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil uji Independent Samples T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan N-Gain kelas eksperimen meningkat sebesar 0,69 setelah diimplementasikannya model AIR. Sesuai hasil penelitian maupun uji hipotesis dapat diambil simpulan bahwa model AIR mampu meningkatkan literasi sains siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA AZI K 2025
65-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA AZI K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;157HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?