Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Keterampilan berpikir kritis memegang peranan yang sangat penting bagi peserta didik agar mampu bersaing pada era abad ke-21. Namun, kenyataannya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya minat baca siswa serta penggunaan metode pengajaran yang kurang efisien. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup sub bab makhluk hidup atau benda mati. Penelitian yang digunakan berupa kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen Non-Equifalent Control Group Design. Penelitian menggunakan subjek siswa kelas VII MTs Yakti Tegalrejo dengan kelas VII A berperan sebagai kelas uji coba dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan, menggunakan 12 soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji statistik signifikansi T-Test dan uji NGain. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model RQA. Nilai uji T-Test sebesar 0,000 mengindikasikan perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,56 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,18 kategori rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran RQA berperan signifikan dalam peningatan keterampilan berpikir kritis siswa.
Tidak tersedia versi lain