PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

FARIDA ISNAENI KHOIRUNNISA - Nama Orang;

Keterampilan berpikir kritis memegang peranan yang sangat penting bagi peserta didik agar mampu bersaing pada era abad ke-21. Namun, kenyataannya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya minat baca siswa serta penggunaan metode pengajaran yang kurang efisien. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup sub bab makhluk hidup atau benda mati. Penelitian yang digunakan berupa kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen Non-Equifalent Control Group Design. Penelitian menggunakan subjek siswa kelas VII MTs Yakti Tegalrejo dengan kelas VII A berperan sebagai kelas uji coba dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan, menggunakan 12 soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji statistik signifikansi T-Test dan uji NGain. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model RQA. Nilai uji T-Test sebesar 0,000 mengindikasikan perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,56 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,18 kategori rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran RQA berperan signifikan dalam peningatan keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA KHO E 2025
64-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA KHO E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;121HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?